Saat ini, kami tidak bermaksud menakut-nakuti siapa pun, tetapi kami ingin memastikan bahwa Anda mendapat informasi lengkap dan menyadari betapa penting dan seriusnya pengembalian dana. Dalam postingan ini, kami akan memandu Anda tentang situasi yang mengharuskan pengembalian dana.

Hal pertama yang harus Anda ketahui, manfaatnya.

Memiliki kebijakan pengembalian dana yang terstruktur dengan baik akan menarik lebih banyak pelanggan setia. Kebijakan pro-pelanggan akan memberi pelanggan kepercayaan, kepercayaan & cinta yang meningkat terhadap merek Anda. Sebagian besar konsumen sebenarnya akan membaca kebijakan pengembalian / pengembalian / penukaran sebelum melakukan pembelian. Selain itu, di sinilah Anda menjelaskan kepada pelanggan tentang prosedur standar pengembalian dana sehingga mereka mendapat informasi yang baik.

Memiliki kebijakan pengembalian dana akan melindungi bisnis Anda sehingga Anda tidak membuang terlalu banyak waktu, tenaga, dan uang. Penting untuk diperhatikan bahwa hanya karena setiap pelanggan memiliki hak untuk meminta pengembalian dana, tidak berarti mereka berhak untuk itu. Namun, ada kondisi tertentu di mana Anda diminta untuk memberikan pengembalian dana.

Kapan Pengembalian Dana adalah Wajib.

  1. Pelanggan tidak diberitahu tentang kebijakan pengembalian.

Kebijakan tersebut harus disepakati SEBELUM pembayaran dilakukan, dan bukan setelahnya (misalnya di halaman pembayaran, bukan tanda terima pembayaran). Ya, ini adalah tujuan dari kotak centang T&C di halaman pembayaran, harap tinjau dan perbarui setidaknya setahun sekali atau sesering Anda meluncurkan produk baru. UI / UX checkout Anda memainkan peran penting dalam hal ini.

  1. Pembatalan kontrak layanan di masa mendatang.

Seperti keanggotaan gym, perawatan wajah atau sesi terapi. Konsumen berhak untuk membatalkan kontrak mereka dengan alasan apapun termasuk pindah ke tempat lain atau karena tidak dapat hadir lagi. Dalam kasus ini, mereka hanya dapat dikenai biaya; 5% dari harga penuh, ATAU biaya barang yang digunakan atau disimpan, ATAU harga pro-rata dari layanan yang digunakan; sisanya harus dikembalikan.

  1. Barang rusak berat atau ringan

Barang yang rusak tidak dapat diterima terutama untuk barang-barang kelas atas atau premium. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya, tawarkan penggantian atau pertukaran produk. Pelanggan memang memiliki hak untuk meminta pengembalian dana. Cara terbaik adalah meminta mereka mengembalikan produk dan kemudian memproses pengembalian dana. Namun, dalam kasus di mana cacat diberitahukan kepada mereka karena harga yang lebih rendah, hal itu tidak dapat diterima sebagai alasan untuk meminta pengembalian uang.

  1. Mengirim barang yang salah

Saat tim Anda membuat kesalahan, Anda harus mengakuinya. Anda dapat menanggung biaya pengembalian / pengiriman ulang atau membiarkan pelanggan menyimpan produk. Jika pelanggan mendapatkan produk yang lebih baik (lebih mahal) dan ingin menyimpannya, biarkan mereka.

  1. Tidak aman atau ‘tidak sesuai untuk tujuan’

Misalnya, Anda mengiklankan “sofa tiga tempat duduk”, tetapi mengirimkan “sofa tiga tempat duduk mini” sebagai gantinya. Atau mungkin Anda mencantumkan gaun dalam “UK size 8” tetapi mengirimkan “US size 8”.

Bagaimana Menemukan Kebijakan Pengembalian Dana Ilegal

  1. Menekan 

Menyatakan pelanggan tidak memiliki hak untuk mengklaim pengembalian dana sama sekali.

  1. Merepotkan

 Meminta pelanggan untuk pergi ke beberapa pusat untuk mengajukan pengembalian dana.

  1. Tidak bertanggung jawab 

Tidak memberikan alasan yang baik untuk membatalkan acara atau sesi. Misalnya, “Penyelenggara berhak untuk membatalkan atau menunda acara tanpa pemberitahuan sebelumnya. Penyelenggara tidak akan bertanggung jawab atas kerugian atau ketidaknyamanan yang ditimbulkan. “

Menangani pengembalian dana bisa jadi sangat menantang, baik Anda menjual barang berwujud atau tidak berwujud. Namun, jika Anda menyusun kebijakan pengembalian dana Anda dengan baik, dan memiliki prosedur dan sistem operasi standar yang baik, ini dapat dilakukan lebih cepat dan tidak terlalu merepotkan. Sangat mungkin untuk tetap dapat membuat tim dan pelanggan Anda senang meskipun itu semua.

P/S: Portal pedagang kami memungkinkan Anda melakukan pengembalian dana semudah satu klik tombol. Dan semuanya direkam dengan benar! Tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan 🙂