Di postingan blog sebelumnya kami menulis tentang No Refund Policy. Hari ini, kita akan langsung membahas cara menulis kebijakan sama-sama menguntungkan yang akan melindungi bisnis Anda dari penyalahgunaan tanpa membuat pelanggan takut. Memiliki kebijakan pengembalian dana yang baik adalah bagian penting dari strategi bisnis Anda, karena dapat berpotensi menghasilkan lebih banyak uang atau menghabiskan uang Anda.

8 poin penting yang harus diperhatikan saat menulis kebijakan pengembalian dana.

1. Menetapkan jangka waktu

Penting untuk memberi tahu pelanggan Anda berapa lama mereka harus meminta pengembalian dana dan mengembalikan produk. Umumnya, 14-30 hari adalah jangka waktu standar, meskipun beberapa bisnis memilih 100 hari. Gagal mengungkapkan jangka waktu pengembalian, Anda akan menemukan pelanggan yang mencoba mengirim barang kembali berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah pembelian.

2. Penempatan kebijakan

Pelanggan Anda tidak perlu melakukan perburuan untuk menemukan polis. Ada baiknya Anda mencantumkan tautan kebijakan pengembalian barang di footer beranda situs web Anda. Yang terbaik adalah memilikinya sebagai bagian dari proses pembayaran seperti kotak centang yang harus diperiksa pelanggan sebelum mereka melakukan pembayaran. Selain situs web Anda, Anda juga dapat menyertakan salinan cetak kebijakan pengembalian di dalam setiap paket dan tanda terima email atau email konfirmasi.

3. Mendefinisikan kondisi pengembalian

Anda boleh mengembalikan produk yang cacat atau jika pelanggan tidak puas dengan kualitas yang tidak sesuai harapan. Namun, ada konsumen jahat di luar sana yang menggunakan, merusak atau mendevaluasi produk dengan cara apapun kemudian menyalahgunakan kebijakan pengembalian untuk mendapatkan keuntungan dari kesalahan mereka sendiri. Saat menyusun kebijakan pengembalian perusahaan Anda, tentukan kondisi produk sebelum pengembalian dapat diproses. Jika tidak, pelanggan akan berusaha mengembalikan barang dagangan dalam kondisi terlalu buruk untuk dijual kembali. Dalam hal ini, Anda akan bingung.

4. Gunakan bahasa yang sederhana & langsung ke intinya

Hindari menggunakan kata-kata yang membuat orang mencari kamus. Anda tidak ingin membingungkan siapa pun. Syarat dan ketentuan juga akan dipindai oleh bot Google SEO. Gunakan kata kunci dan gabungkan umpan balik pelanggan yang nyata. Personalisasikan ke audiens target spesifik Anda. Kebijakan atau T&C dapat menjadi halaman yang menyenangkan untuk menunjukkan komitmen Anda kepada pelanggan. Beri tahu mereka bahwa meskipun mereka tidak menyukai produk Anda, Anda tetap akan memperlakukan semua orang dengan hormat, bermartabat, dan adil.

5. Buat garis besar prosedurnya

Beri tahu pelanggan jika mereka dapat menukar, mendapatkan pengembalian dana sebagian atau penuh. Anda bahkan dapat menguji untuk melihat penawaran mana yang disukai pelanggan Anda. Nyatakan dengan jelas bagaimana mereka perlu meminta pengembalian uang, pengembalian atau penukaran. Jelaskan jika mereka perlu menggunakan kemasan asli atau milik mereka sendiri, dan di mana mereka dapat menjatuhkan paket tersebut.

6. Mengungkapkan semua biaya yang terkait dengan pengembalian

Pertanyaan besarnya selalu ini – siapa yang akan menanggung biaya pengiriman kembali? Hal-hal seperti ini perlu dijelaskan dengan jelas dalam kebijakan pengembalian Anda. Jika bisnis Anda mencakup pengiriman kembali, Anda dapat mengirimkan label pengiriman atau air waybill kepada pelanggan. Namun, dari sudut pandang konsumen, sangat buruk untuk menerima produk yang tidak Anda sukai, kemudian temukan bahwa Anda harus menanggung biaya untuk mengirimkannya kembali. Jika Anda mengharapkan pelanggan Anda bertanggung jawab atas pengembalian biaya, pastikan hal ini disebutkan dengan jelas dalam polis. Gagal melakukannya akan mengecewakan pelanggan yang biasanya dipersenjatai dengan keyboard dan media sosial.

Bersiaplah selalu!

Ingat, selalu bersiaplah untuk menanggung akibat dari kesalahan yang tidak diinginkan. Jika Anda mengacau, tetap tenang, dan akui karena itulah cara Anda menangani kesalahan yang penting. Jika Anda mengirimkan barang yang salah atau mengemasnya dengan buruk, cobalah memperbaikinya apa pun kebijakan resminya. Pelanggan yang dilayani dengan baik pasti akan kembali untuk lebih banyak pembelian yang akan datang.

Tahukah kamu? Portal pedagang kami memungkinkan Anda melakukan pengembalian dana semudah satu klik tombol. Dengan sistem yang tepat, proses pengembalian dana, pengembalian, dan penukaran dapat mengurangi stres. Tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan 🙂