Kebanyakan orang berpikir ini adalah kasus “ber-uang atau be-ruang”. Tapi tidak! Dompet seluler, dompet elektronik, dan dompet digital sebenarnya adalah tiga hal yang berbeda.

Dengan pembayaran digital yang semakin meningkat, ada baiknya Anda mengetahui perbedaannya sehingga Anda dapat memilih dompet terbaik untuk digunakan. Plus, Anda mungkin memiliki beberapa aplikasi pembayaran yang berbeda di ponsel Anda dan bertanya-tanya yang mana? Mari selami perbedaan antara dompet digital, dompet elektronik, dan dompet seluler.

1. Dompet Digital

Dompet digital adalah teknologi yang secara elektronik menyimpan nomor kartu kredit, nomor kartu debit, nomor kartu loyalitas, dll di cloud. Uang Anda masih tersimpan di bank atau rekening kartu kredit Anda. Dompet digital pada dasarnya menyimpan detail Anda untuk membuat transaksi lebih mudah. Contoh dompet digital adalah Google Pay, Masterpass & Visa Checkout. Dengan dompet digital, kita tidak hanya bisa tanpa uang tunai, tapi juga tanpa kartu.

2. Dompet Elektronik atau e-Dompet

E-Wallet adalah dompet prabayar yang membutuhkan uang untuk dimuat sebelum transaksi apa pun. Ini dapat diakses di situs web e-wallet atau aplikasi melalui laptop, tablet, atau telepon. Beberapa fungsi e-wallet meliputi:

  • Menyimpan informasi kartu kredit dan debit
  • Menyimpan dana (e-money)
  • Menyimpan kupon atau kredit loyalitas
  • Mengaktifkan pembayaran untuk pembelian di toko fisik atau online
  • Membagi tagihan
  • Transfer peer-to-peer
  • Dan tentu saja, keamanan.

3. Dompet Seluler

Dompet seluler dapat dipasang pada ponsel Anda sebagai aplikasi dan memungkinkan Anda untuk “mengetuk untuk membayar” di toko, seringkali menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Dengan dompet seluler, pengguna biasanya membayar dengan mengetuk terminal atau memindai kode QR dengan ponsel cerdas atau perangkat seperti jam tangan pintar atau pelacak kebugaran.

Lebih dari satu hal

Masing-masing istilah di atas menunjukkan fungsionalitas spesifik dompet. Namun, mereka tidak terikat hanya satu hal. Dompet seluler bisa menjadi dompet digital dan / atau dompet elektronik tetapi tidak selalu. Misalnya, PayPal adalah dompet digital dan dompet elektronik tetapi tidak seluler karena aplikasi seluler PayPal tidak memiliki teknologi NFC untuk membayar di toko fisik.

Di sisi lain, GoPay, OVO, Shopeepay, dan Link Aja semuanya adalah e-Wallet dan Mobile Wallet, tetapi bukan dompet digital karena mereka tidak menyimpan informasi kartu untuk pembayaran langsung dari bank Akun. Jika Anda memiliki toko fisik, dompet ini harus dipertimbangkan karena memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran di toko Anda.

Keterbukaan Dompet Digital, Elektronik, dan Seluler

Meskipun klasifikasi antara Dompet Digital, e-Wallet & Dompet Seluler dapat saling berhubungan, klasifikasi berdasarkan “keterbukaannya” sangat berbeda. Mereka hanya dapat berupa dompet tertutup, semi tertutup, atau terbuka.

1. Dompet Tertutup

Dompet tertutup dibuat untuk digunakan secara eksklusif untuk pembelian di perusahaan itu. Anda tidak dapat menarik uang yang telah Anda isi ulang, tetapi nilainya tidak akan kedaluwarsa. Biasanya dompet tertutup memberikan hadiah loyalitas dan kupon diskon yang dapat diklaim dan digunakan melalui platform mereka.

Contoh: Starbucks

2. Dompet semi tertutup

Dompet semi-tertutup memungkinkan pembelian barang dan jasa dari pedagang terdaftar mereka. Beberapa dompet memungkinkan Anda menarik uang keluar, meskipun jika dibiarkan di sana nilainya tidak akan kedaluwarsa. Dompet semi-tertutup juga memberikan hadiah loyalitas dan kupon untuk pembelian yang dilakukan menggunakan sistem pembayaran mereka. Pedagang terdaftar dipersilakan untuk membuat penawaran promosi bagi pengguna dompet.

Example: GoPay, Ovo, Shopeepay, LinkAja, dan DANA.

3. Dompet Terbuka

Dompet terbuka memungkinkan pembelian dari semua pedagang yang menerima kartu. Dengan dompet terbuka, Anda dapat menarik dari ATM. Seperti jenis lainnya, dana di dompet Anda tidak boleh kedaluwarsa. Perbedaan antara dompet terbuka dan bank adalah kemampuannya untuk menyediakan rekening tabungan, menerbitkan kartu kredit, dan layanan perbankan lainnya.

Contoh: Visa Checkout, GooglePay, Masterpass

Oke, mari kita rekap perbedaan dompet online:

Dompet Digital eDompet Dompet Seluler
Menyimpan informasi kartu kredit / debit. Menyimpan nilai kredit di dompet. Perlu download aplikasi seluler.
Pembayaran langsung dipotong dari rekening bank / kredit. Membutuhkan reload untuk mengurangi jumlah dari akun dompet. Pembayaran dapat dilakukan di toko fisik dengan mengetuk atau memindai.

Dan mereka bisa berupa:

Dompet Tertutup Dompet Semi-Tertutup Dompet Terbuka
Khusus untuk pembelian di perusahaan tertentu saja. Untuk pembelian di toko pedagang terdaftar. Terbuka untuk semua pedagang dengan terminal kartu kredit.

Pelajari sesuatu yang baru hari ini? Beri tahu kami apa dompet favorit Anda dan alasannya. . 😊